TERBANG BERSAMA BUNG KARNO DAN JOKOWI KE KTT AS-ASEAN


 

Tak ada yang menduga kalau Bung Karno ikut satu pesawat dengan Jokowi dalam rangka menghadiri KTT AS-ASEAN.

Oleh Chistanto Wibisono

(Catatan Redaksi: artikel ini sudah dimuat pada merdeka.com pada Senin 22 Februari 2016. Pemuatan ini telah seizin penulisnya.)

Saya “terbang bersama Bung Karno” dalam pesawat kepresidenan yang membawa Presiden Jokowi ke Sunnylands Palm Spring, California untuk ikut memantau US ASEAN Summit pertama yang diprakarsai Presiden Obama 15-16 Februari 2016.

BK: Bung Chris ini pesawat kepresidenan Abad XXI yang setara Air Force One juga punya
Multidigital Simultaneous Transcendental Teleconference System (MST2S). Kita bisa berdialog dengan siapa saja yang kita perlukan sepanjang orang itu beriman pada Keabadian dan Kekekalan. Yang merupakan DNA genetik yang diturunkan kepada semua mahluk ciptaan Tuhan. Termasuk yang kadang kadang arogan menjadi atheis tapi setelah mati kelabakan mencari Tuhan dan sia-sia tidak menemukan juga. Karena Tuhan juga memutuskan hubungan diplomatik dengan manusia arogan tersebut. Nah orang orang seperti itu tidak bisa kita panggil dalam teleconference.

CW: Deng Xiaoping kok bisa diundang Pak? Malah setara Seri Paus pas Imlek Senin 8 Februari lalu? Kalau atheis dapat kehormatan privilege bersama Bapa Suci, buat apa orang memeluk agama fanatik. Sebab jadi atheis seperti Deng juga ternyata masuk surga terbukti masih bisa kita hubungi via MST2S. Berarti dia masih tetap eksis di alam baka. Bahkan mendapat reward masih jadi pencerah dalam seri imajiner ini.

BK: Kata kuncinya adalah pertobatan dan prinsip bahwa tidak ada manusia yang sempurna jadi malaikat, sebab malaikat saja ada yang berdosa seperti Lucifer yang malah jadi Setan/Iblis sebagai antagonis Tuhan. Paus Benedictus XVI menerima Oriana Fallaci, wartawan Italia yang resminya mengaku atheis tapi berani mengungkap propaganda jihadis dan kaum keblinger model Noam Chomsky.

Oriana Fallaci berani menyatakan bahwa terorisme di balik agama primitif abad ke-7 harus
dilawan kalau manusia tidak ingin dibinasakan oleh kain bernuklir yang tidak bertanggungjawab. Paus Benedictus XVI jelas lebih berempati dan menyediakan waktu untuk menerima Fallaci beraudiensi khusus. Ketimbang berdialog dengan mantan biarawati Karen Armstrong dengan belasan buku yang cenderung bernada appeasement terhadap fenomena ISIS.

Harus diingat bahwa Paus Benedictus XVI menjabar sejak 19 April 2005 adalah satu satunya paus modern yang dengan sukarela dan kesadaran penuh, mengundurkan diri pensiun dari jabatan Paus. Pengumuman pertama 11 Februari 2013 dan aksi mundur pada 28 Februari 2013. Lahir 16 April 1927 ia tidak ingin mengangkangi jabatan itu dengan risiko mengalami pikun dan atau Alzheimer sewaktu memangku jabatan penting itu agar tidak mengambil putusan yang salah atas nama 1/7 dari 7 miliar umat manusia bumi yang beragama Katolik.

CW: Indonesia gaduh dengan isu kereta cepatJakarta-Bandung yang oleh majalah Tempo 8-16 Februari 2016 dinilai sebagai proyek mercu suar. Apa nasihat Bapak untuk Presiden Jokowi?

BK: Semua presiden tidak peduli Tiongkok, Indonesia, AS atau Rusia pasti punya visi ingin
mempunyai legacy, proyek yang signifikan melambangkan sukses kepemimpinan dan kepresidenannya. Saya bikin Monas, Soeharto lewat istrinya bikin Taman Mini, Habibie bikin pabrik pesawat terbang yang sayang tidak laku dijual. Gus Dur nyentrik berani menerobos ke Israel dan dia memulihkan Imlek budaya Tionghoa yang dilarang Soeharto 32 tahun. Megawati nekat menjadi presiden pertama yang menemui Presiden Bush setelah terror WTC menghancurkan menara kembar di New York. SBY bikin Forest 11 koalisi negara hutan tropis yang berambisi jadi kartel negara produk hutan tanaman industri seperti OPEC. Tapi gagal merealisasikan karena Lula yang galak lengser dari masa jabatan dua kali di Brazil.

Nah sekarang Jokowi tentu punya grand strategy mau membuat Poros Maritim setara dengan OBOR nya Xi Jinping, One Belt One Road, proyek pembangunan infrastruktur maritim dan lintas continental menelusuri jejak Marco Polo dan Jalur Sutera Abad Pertengahan. KTT US ASEAN ini kan diadakan di tempat KTT Presiden Obama – Xi Jinping, dengan pesan AS menyetarakan ASEAN dengan RRT.

CW: Presiden Jokowi seolah mengendorkan agenda masuknya RI dalam TPP meski proyek kereta cepat itu sinyal kedekatan poros Jakarta Beijing.

BK: Memang mestinya sekaligus proyek JakartaSurabaya saja, lebih visiable meski lebih mahal biaya dan waktu membangun. Shinkansen dan TGV Prancis itu sudah untung sedang proyek yang ditulis Tempo rugi semua di Tiongkok dan Taiwan ya karena memang baru mulai, belum 10 tahun.

Proyek kereta api London Paris lewat terowongan bawah laut Selat Channel yang memisahkan daratan Eropa dengan Inggris juga sempat rugi dan terlilit utang belasan tahun. Tentang TPP memang harus alert sebab the devil is in the details. Dalam hal ini sekarang birokrat dan diplomat kita sudah pintar seperti komentar Kishore Mahbubani pada The Indonesia Lunch 22 Januari 2016 di WEF Davos . Indonesia sekarang mulai percaya diri mempunyai daya saing yang setara dalam lingkup ASEAN.

CW: Pak, Menteri Kereta Api Tiongkok yang ke-12, Liu Zhijun dijatuhi hukuman mati karena korupsiUS$ 117 miliar pada 2013, kemudian diberi grasi turun jadi 10 tahun penjara. Kementerian Kereta Api kemudian dihapuskan setelah menteri ke-13 dan sekarang ditempatkan langsung di bawah kabinet. BUMN China Railway Group tetap menjadi pengelola jaringan kereta api Tiongkok yang punya aparat polisi dan jaksa sendiri untuk pelanggaran hukum di jalur perkeretaapian. CRG ini yang menjadi mitra dan kontraktor utama proyek KCIT (Kereta Cepat Indonesia Tiongkok) Jakarta Bandung. Orang khawatir kita ketularankorupsinya bukan disiplinnya.

BK: Ya ini kan bukan balapan korupsi, tapi balapan disiplin dan efisiensi. Yang harus ditiru
dari mana saja apa itu AS, Tiongkok, Jepang, Rusia tentu bukan yang negatif dan destruktif melainkan yang positif dan konstruktif. Celakanya kita ini kan selalu malah meniru yang jelek dan jahatnya bukan yang baik dan bagusnya. Menteri Liu Zhijun itu memang keterlaluan memelihara 18 gundik dari artis, juru rawat sampai pramugari, 16 mobil mewah dan 350 unit apartemen megah. Liu Zhijun mungkin mau meniru Oei Tiong Ham, konglomerat Semarang yang punya 8 istri dan 26 anak di bawah satu atap di Semarang. Syukur Menteri Jonan tegas dan lugas berani mengingatkan presiden tentang perhitungan ekonomis secara njlimet terinci.

CW: Kita ini kadang kadang punya visi hebat muluk tapi tergelincir di pelaksanaan dan
deliverynya. Tahun 2016 itu ekonomi dunia akan lamban menurut semua perkiraan dari World Bank IMF maupun pemerintah AS, Uni Eropa, Tiongkok, Jepang dan negara negara G20 semua realistis tidak mimpi bahwa dunia akan lebih baik dari tahun lalu. Sedang kabinet ini disandera oleh koalisi yang tambah gemuk dan minta jatah kursi menteri. Bagaimana kita bisa optimis di tengah kontradiksi itu?

BK: Ekonomi Indonesia masih tumbuh sekitar 5 % itu tentu berkah yang harus kita syukuri. Yang harus dikerjakan Jokowi memang melaksanakan Revolusi Mental secara realistis. Dwelling time yang menghambat arus barang itu bukan hanya terjadi di Priok dalam urusan impor ekspor. Tapi dalam segala lini, untuk mengurus surat apapun dari pemerintah selalu terhambat oleh pungli dari birokrat pemburu rente. Surat domisili, surat legalitas, semuanya tersandera oleh birokrat pemburu rente yang rela dan tega membiarkan status quo tidak menentu. Sementara itu birokrasi di seluruh dunia bersaing menarik investor dengan segala insentif. Jadi kalau orang memerlukan proyek yang ada di negara lain, mereka akan hengkang tidak mau dipersulit dan diperlama tidak jelas statusnya di Indonesia.

Memang kalau hanya Indonesia yang punya sumber daya tertentu tapi tidak ada di lokasi lain. Maka orang akan rela dan bersedia diperlakukan lama dan mahal, dengan hasil izin eksklusif yang tidak ada di negara lain. Tapi kalau kita jualan barang komoditi dan mineral yang bisa diperoleh di tempat lain, tentu tidak ada yang mau diperas tanpa alternative Celaka sekali kalau kita sampai kalah dari Kamboja dan Hun Sen sekarang ini menjadi penguasa senior kedua setelah Sultan Bolkiah di ASEAN sejak 1998. Kayaknya dia ingin dikenal jadi Lee Kuan Yew nya Kamboja. Saya sungguh malu kalau kalian kalah dari Kamboja. Tapi armada digital kita sudah canggih dan siap berkompetisi setelah temu muka dengan CEO Microsoft Satya Nadella, CEO IBM Ginni Rometty, dan CEO Cisco Chuck Robbins. Yang diterjunkan Obama ke KTT Palm Spring. Omzet Ecommerce Indonesia sudah hampir mencapai US$ 25 milIar tahun 2015. Indonesia punya E commerce Roadmap yang mentargetkan US$ 130 milIar turnover pada 2020.

CW: Menteri simpang siur sekarang ini bagaimana mengelolanya pak dengan pengalaman Bapak memimpin Kabinet 100 menteri.

BK: Ya kalau soal manajemen itu saya kapok dan mawas diri, memang mungkin betul saya itu megalomania. Lha bikin kabinet kok 100 menteri. Saya itu orangnya paling tidak tega memecat menteri. Jadi selalu saya carikan jabatan yang tetek bengek. Maka kabinet berkembang biak jadi rekor dunia yang tidak pernah akan tertandingi oleh siapapun juga dari negara mamapun kapan pun itu.

Misalnya semua bank BUMN waktu itu sudah mau di merger oleh Jusuf Muda Dalam, di integrasikan dalam bank tunggal Bank Negara Indonesia dan diberi nama unit. Misalnya Bank Indonesia jadi BNI Unit I dst. Tapi Dirut Bank Dagang Negara J.D Massie sebagai Menteri urusan Peneritban Bank dan Modal Swasta memprotes dan mempertahankan eksistensi BDN dengan alasan logis masuk akal. Nama BDN sudah dikenal seluruh dunia kalau digonta ganti jadi tidak bonafid, mengganggu transaksi.

Ada lagi Menteri Perdagangan Adam Malik 31 Maret 1965 saya ganti dengan Brigjen Achmad Jusuf tapi saya tidak tega Adam jadi pengganggur maka saya kasih jabatan Menteri Koordinator Pelaksanaan Ekonomi Terpimpin, tapi kantor dan budget dia harus cari sendiri. 15 Januari 1962 AURI gagal melindungi Komodor Yos Sudarso gugur di laut Aru maka 19 Januari 1962 KSAU Suryadharma saya ganti Omar Dani. Saya kasih jabatan Menteri Penasihat Militer Presiden. Jadi saya ini memang tidak pernah tega memecat menteri secara drastis terus di-PHK. Akibatnya jadi kabinet 100 menteri.

Sialnya ketika saya memecat Nasution 21 Februari 1966 dari jabatan Menko Hankam KASAB yang saya hapuskan malah memicu demo berdarah tertembaknya Arief Rahman Hakim dan lahirnya Supersemar 11 Maret 1966. Surat itu disalahgunakan oleh Soeharto untuk menahan 15 menteri kabinet Dwikora termasuk 2 waperdam Subandrio Chairul Saleh dan 13 menteri antara lain Jusuf Muda Dalam dan Oei Tjoe Tat.

Harus diingat bahwa saya membentuk dan memimpin kabinet itu baru setelah kabinet hasil pemilu 1955 yang dipimpin Ali Sastroamijoyo jatuh pada 14 Maret 1957. Saya menunjuk teknokrat non partai Ir Djuanda 9 April 1957 jadi PM Kabinet Karya. Lalu setelah kembali ke UUD 1945 saya bentu Kabinet Kerja pada 10 Juli 1959. Saya reshuffle 3 kali lalu saya ganti nama jadi Kabinet Dwikora 27 Agustus 1964 dan 2 kali reshuffle sebelum diganti oleh Kabinet Ampera dipimpin Ketua Presidium Kabinet Soeharto sejak 25 Juli 1966. Pada 12 Maret 1967 Jendral Soeharto dilantik sebagai Pejabat Presiden dan saya dicabut kekuasaannya oleh MPRS yang pada 20 Mei 1963 mengangkat saya jadi Presiden Seumur Hidup.

Hukum karma akan terjadi pada Mei 1998 ketika Ketua MPR Harmoko yang 11 Maret 1998 mengangkat Soeharto jadi Presiden, meminta Soeharto turun dari jabatannya dan 21 Mei 1998 Soeharto mengundurkan diri diganti Habibie sebagai presiden ke-3 RI. Sekarang Presiden ke-7 RI punya momentum dihargai sebagai kapten XI ASEAN oleh Presiden kulit hitam AS pertama, Obama. Maka kita harus pandai pandai memberdayakan leveraging geopolitik kita secara cerdas, canggih dan kreatif. Seperti diskusi kita waktu memantau primary New Hampshire Senin lalu.

Kita akhiri diskusi ke-7 di Palm Spring California ini untuk kembali ke Indonesia dan kita
muncul lagi 29 Februari pada diskusi ke-8 membahas transformasi geopolitik era Teologi vs Teknologi 4.0.

CW: Terima kasih mengajak saya di penerbangan kepresidenan ini pak. Sampai Senin 29 Februari 2016.

(mdk/war)

5 pemikiran pada “TERBANG BERSAMA BUNG KARNO DAN JOKOWI KE KTT AS-ASEAN

  1. kalu saya tdk heran kalu Paduka Muncul kembali, kita lihat dari sisi methafisika, mbah sholeh Ampel Surabaya sampai 9 x hidup ikut menyelesaikan masalah yg rumit2 dlm masyarakat setelah tuntas masalahnya MATI lagi berkali-kali, sekarang tinggal melihat bukti makamnya berderet ada 9 makam, ini semua karena Alloh Maha Besar, Maha Ajaib………

    Suka

  2. sukarno bukan dewa beliau manusia biasa kasian dia di akherat selalu digunjingkan dengan nuansa mistis, ingat sebaiknya pengagum beliau untuk selalu mendoakan agar alloh senantiasa memberikan tempat yang lebih mulia surga untuk beliau.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s