INDONESIA HARUS DIBANGUN DENGAN KONSEP AMANAH (BAGIAN 1)


Penerapan konsep amanah dalam pembangunan Indonesia, tidak ada secuil pun aset tanpa nilai yang tidak masuk dalam sistem perbankan dan tidak ada satu rupiah pun yang bisa dikorupsi serta tidak ada sedetikpun peluang jabatan yang bisa disalahgunakan. Karena konsep amanah menerapkan sistem lumpuh pada pelanggaran pertama, buta pada pelanggaran kedua, dan mati pada pelanggaran ketiga. Hukuman itu berlaku pada siapa saja tanpa kecuali.

20130501-020346.jpg

safarians.net_Menerapkan konsep amanah dalam pembangunan di Indonesia tidaklah mudah, karena sebagian besar masyarakat, pejabat, dan politikus sudah terbiasa dengan konsep dan hukum ala Barat yang mereka adobsi melalui pengajaran di perguruan tinggi, dimana hukum diciptakan oleh manusia sendiri.

Sedangkan dalam konsep amanah, hukum disusun oleh Tuhan melalui para MalaikatNya yang kemudian ditransformasikan oleh para penyampai pesan (para Nabi) dan diimplementasikan dalam bentuk ibadah, ritual, dan sumpah jabatan yang apabila dilanggar berlaku secara otomatis tanpa ada proses yang memerlukan sentuhan tangan manusia.

Misalnya ketika seseorang melakukan korupsi, maka penyakit lumpuh akan dideritanya dalam waktu dekat, masih melakukan korupsi atau penyalahgunaan wewenang mata akan buta secara otomatis. Dan berakhir kematian. Jenis hukuman ini sudah diberlakukan dalam penerapan konsep amanah selama lebih dari tiga abad di Indonesia sehingga Harta Amanah Soekarno (HAS) Harta Amanah Dinasti (HAD) masih tetap terjaga walau pun ada kebocoran karena termakan oleh waktu yang panjang yang semata diakibatkan perubahan struktur alam.

Jika konsep amanah diterapkan dalam pembangunan ini, maka hampir bisa dipastikan bahwa Indonesia akan menjadi negara super power baru di planet bumi. Polisi hanya perlu menangkap pelaku kriminal seperti pencuri, pembunuh, pemerkosa, dan kasus-kasus pidana umum lainnya, tetapi tidak sibuk mengurusi kasus korupsi, suap, dan KKN. Bahkan polisi, jaksa, dan hakim tidak bisa disuap atau berpihak, karena hukum atas sumpah jabatan mereka berlaku secara otomatis terhadap dirinya dan keluarganya yang memakan harta haram yang dihasilkannya. Dengan demikian, KPK pun tidak diperlukan lagi.

Penerapan konsep amanah dalam kehidupan dimiliki oleh setiap agama. Karena konsep amanah berkaitan langsung secara transendental dengan hukum Tuhan. Cara penerapannya telah dimiliki oleh agama-agama yang ada di Indonesia. Ini merupakan penerapan yang secara murni dan konsekwen sila pertama Pancasila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Bahwa Indonesia bukan negara sekuler, namun Indonesia benar-benar negara kaum orang beragama dan beradab tinggi.

Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana menerapkan konsep amanah tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan hidup bernegara? Ikuti tulisan tentang ini pada bagian kedua. *****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s