TERNYATA SEMUA PRESIDEN INDONESIA TERLIBAT DALAM PENGURUSAN HARTA AMANAH SOEKARNO TAPI TAK BERHASIL


“KETAHUILAH, SEMUA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA TERLIBAT BAIK LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG DENGAN HARTA AMANAH SOEKARNO (HAS) DAN HARTA AMANAH DINASTI (HAD), TETAPI TIDAK ADA YANG BERHASIL MENYENTUHNYA KECUALI SOEKARNO SENDIRI” safarians.net 

Padahal mengelola, menggunakan, dan menjalankan program pembangunan melalui HAS dan HAD itu gampang. Rumusannya: jujur dan ikhlas. Tanpa itu jangan pernah mimpi dapat memanfaatkannya sampai kapanpun dan oleh siapapun.

Dari tujuh Presiden RI, hanya Soekarno yang mampu memikulnya. Selebihnya terindikasi tak mampu bahkan banyak diantaranya yang sudah mencoba mengirimkan tim ke Swiss untuk menjinakan UBS dan bank besar lainnya di belahan Eropa, Amerika Serikat, Jepang dan Hong Kong. Semoga saja Pak Jokowi tidak demikian.

Soekarno mampu hidup menderita lahir dan bathin tanpa keluarga dan orang lain tau dan paham kalau ia menderita. Sekedar untuk beli obat saja, sering pegawai istana patungan untuk menolongnya. Bahkan sering makan di Istana hanya lauk telur goreng. “Pernah suatu ketika Soekarno mengajak wartawan makan, eh nggak taunya nggak punya lauk”, kata Rosihan Anwar almarhum kepada penulis beberapa tahun lalu.

Kejujuran dan keikhlasan hidup apa adanya inilah yang justru membuat banyak orang ragu, apakah Soekarno memiliki titupan harta yang nilainya tidak terhingga itu. Tetapi begitulah Soekarno sekali harta-harta tersebut dititipkan oleh 128 raja-raja Nusantara oleh Paku Buwono X menjadi harta amanah, maka sejak itu ia bersumpah bahwa HAS dan HAD bukan untuknya dan keluarganya.

Bahkan ketika pindahan dari Istana ke rumah lain, anak sulungnya Guntur mau membawa televisi, Bung Karno melarangnya. Ia katakan itu milik negara, bukan milik mereka. Luar biasa.*****

 

Satu pemikiran pada “TERNYATA SEMUA PRESIDEN INDONESIA TERLIBAT DALAM PENGURUSAN HARTA AMANAH SOEKARNO TAPI TAK BERHASIL

  1. Itu tandanya bahwa aset/harta amanah ini bukan milik pemerintah ataupun negara… dan pemilik aset/harta itupun tidak mewariskan kepada pemerintah atau negara..
    Kalau pemilik dan pelaksananya pasti bisa menyelesaikannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s