ASYIKNYA CINA BERMAIN DUA MATA UANG


HKD atau HK$ (Hong Kong Dollar) diproyeksikan oleh Pemerintahan Tiongkok (Cina) untuk memperkuat struktur nilai tukar dan keuangan dalam negeri. Sedangkan mata Yuan (RMB) diprogram oleh Cina untuk memperkuat struktur nilai tukar internasional guna memperkuat nilai ekspor produk Cina.

HK$ dibiarkan nilai mengambang dan bekerja sesuai mekanisme pasar yang berlaku secara aktual, sementara RMB dikontrol penuh oleh bank sentral Cina dengan nilai tukar rendah, sehingga harga produk ekspor Cina hampir tidak mampu disaingi oleh negara manapun di dunia. 

Bahkan, pada perbincangan antar level tokoh bank sentral, dikabarkan Cina harus “melemparkan” sedikitnya USD 60 Milyar (enam puluh milyar dollar Amerika Serikat) ke luar wilayah otoritas keuangan Cina guna menstabilkan nilai tukarnya, dalam waktu dekat ini baik dalam format investasi swasta maupun G to G (antar pemerintah).

Bisa jadi gencarnya Cina berinvestasi dalam USD di Indonesia saat ini, menjadi indikasi apa yang diperbincangkan oleh tataran tokoh bank sentral di kawasan Asia tersebut.

 


Hong Kong Monetary Authority (HKMA) menjadi bank sentral yang berkedudukan di Hong Kong mengatur HKD atau HK$. Mata uang Hong Kong ini ada yang diterbitkan oleh Bank of China (Hong Kong), Standard Chartered Bank (Hong Kong), dan HSBC (Hong Kong).

Data yang disajikan Wikipedia.org,  Dolar Hong Kong (Hanzi sederhana: 港圆Hanzi tradisional: Mandarin PinyinGǎngyuánJyutping: Gongywan) adalah mata uang resmi di Hong Kong yang menduduki tempat kesembilan dalam posisi mata uang paling banyak diperdagangkan di dunia.[1]Mata uang ini awalnya diterbitkan oleh Pemerintah Hong Kong, dan telah dikeluarkan oleh Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) sejak tahun 1993. Kode resmi ISO 4217 Dolar Hong Kong adalah HKD (HK$).
Satu Dolar Hong Kong dibagi menjadi 100sen atau 1000 mil. Koin dengan nilai terkecil saat ini adalah 10 sen (HK$ 0,10). Saat ini 1 HKD/HK$ setara nilai Rp 1.776,-.

Sedangkan mata uang Yuan diatur oleh bank sentral Cina, People Bank of China yang berkedudukan di Beijing. Masih menurut sajian data Wikipedia.org  Yuan (Hanzi tradisional: 元 atau 圓; Hanzi sederhana: 元; Pinyin: yuán; Wade-Giles: yüan) dalam bahasa Tionghoa berarti satuan dasar mata uang, sebagai contoh, Dolar AS adalah Mei yuan (美元). Tetapi dalam konteks internasional, Yuan menjadi kata Inggris yang mengacu kepada mata uang Republik Rakyat Tiongkok yaitu Renminbi (RMB). Dalam bahasa Indonesia dilafalkan “yen”, walaupun dalam bahasa Tionghoa berbeda pengucapannya dan merupakan satu kesatuan bunyi.

Seperti bilangan dalam bahasa Tionghoa, karakter ini mempunyai dua bentuk — bentuk yang kurang formal (元) dan bentuk yang lebih formal (圓 atau 圆) yang digunakan untuk mencegah alterasi dan kesalahan akuntansi. Yen (¥) Jepang pada mulanya juga ditulis 圓, tetapi sekarang menggunakan karakter yang lebih sederhana yaitu 円.

Satu yuan dibagi menjadi 10 jiao (角) atau secara umum disebut mao (毛). Satu jiaodibagi menjadi 10 fen (分). Dalam bahasa Kanton, jiao dan fen disebut ho (毫) dan sin(仙).

Yuan secara harfiah dalam bahasa Tionghoa berarti “obyek bundar” atau “koin bundar“.

Harga barang di toko-toko di RRT dan Republik Tiongkok biasanya ditandai dengan 元 setelah bilangannya. Di Daratan Tiongkok, huruf Y dengan satu garis menyilang (sebelum angka) juga umum dipakai sedangkan karakter 元 lebih jarang dipakai di Hong Kong dan Makau yang lebih menyukai simbol dolar ($). Di Makau, “MOP” juga biasanya digunakan untuk mata uangnya yaitu pataca.

HKD dibiarkan mengambang berdasarkan mekanisme pasar uang internasional, sedangkan nilai tukar Yuan dikendalikan penuh oleh bank sentral Cina secara amat ketat dengan nilai rendah, sehingga harga jual produk ekspor negeri tirai bambu itu hampir-hampir tidak mampu disaingi oleh produk ekspor negara manapun di dunia.

Adanya dua mata uang yang beredar di suatu negara memang memiliki keunggulan dan keasyikan tersendiri. Apalagi suatu negara yang memiliki potensi ekonomi yang sangat besar dengan jumlah rakyat yang sangat besar pula.*****

Satu pemikiran pada “ASYIKNYA CINA BERMAIN DUA MATA UANG

  1. baik bozz… sebaiknya kita berjiwa besar aja dan saya pribadi yakin koq bakalan ada “tatanan baru” soal uang ini dan sebenarnya panjenengan paham atas hal ini…”MARI BERSATU SEPERTI SAPU LIDI” terutama para pemilik dan pemegang asset dan KITA ADA POTENSI….koq!!
    “Bagaimana memulainya saja kunciya”…. dan diperlukan “Keberanian dan political will yang NYATA”

    Harusya dimulai dari para pemilik dan pemegang asset yang “BERINISIATIF DAN PERINTAH” kalau INISIATIF aja dari bawah dan TANPA PERINTAH, yaa….nggak Jalan…..!!!

    selamat berjuang…..

    salam
    nhs

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s