MARAKNYA KOMUNITAS HARTA AMANAH SESUAI KARAKTER PEMIMPINNYA


Mungkin bangsa Indonesia sepakat bahwa masing-masing anak bangsa begitu dilahirkan memiliki amanahnya sendiri-sendiri sesuai dengan terah dan talentanya masing-masing. Jadi tak heran apabila belakangan tumbuh dan bermunculan komunitas dengan format Harta Amanah di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan banyak diantaranya berkolerasi dengan jaringan mereka yang ada di luar negeri. Seperti komunitas lainnya, selalu ada pengurus atau pimpinan tertinggi yang mereka segani dan mereka patuhi apapun fatwa dan pendapatnya. Malah ada yang bersedia mati untuk membela kebenaran sang pemimpin mereka. Namun tak sedikit pula komunitas tersebut hanya sekedar tameng untuk menjaring uang dari sponsor atau dari anggota yang mereka jaring.

Ada yang berbasis ajaran keagamaan dengan melakukan serangkaian pengajian dengan lafaz-lafaz ilahiyah yang mereka pahami secara harfiah dan tafsiran sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Salah atau benar ajaran materi pengajian yang disampaikan oleh sang pemimpin komunitas, bukanklah hal yang harus dibantah atau ditanyakan. Sebab kebanyakan anggota komunitas Harta Amanah yang berbasis pengajian agama ini, lebih bersifat doktrin dan menggunakan model MLM (multi level marketing). Jenis komunitas seperti ini agak mengkhwatirkan karena ajarannya mampu membuat tekad (taklid buta) terhadap sebuah pandangan. Misalnya, sang pemimpin mereka memberikan statement kepada anggotanya, bahwa dirinyalah Soekarno yang sebenarnya. Kini sang pemimpin sebagai Soekarno atau putra Soekarno yang disembunyikan untuk mengemban Harta Amanah. Sang pemimpin berupaya mengikuti atribut-atribut yang menjadi ikon Soekarno seperti pakaiannya, peci, suara, gaya pidatonya, dan sebagainya. Dengan kekuatan dan keterampilan olah ilmu psikologi (mirip hipnotesia), sang pemimpin mampu membuat para anggota menjadi tunduk dan patuh tanpa pernah membantah.

Model komunitas lainnya adalah berpola dalam bentuk patungan usaha. Bahwa komunitas ini diumumkan sebagai lembaga kepercayaan satu-satunya oleh UBS, Soekarno, Soewarno, atau perorangan lainnya termasuk kelembagaan. Mereka menjanjikan ketersediaan kolateral atau jaminan kredit bank dalam jumlah besar yang berasal dari top bank dunia. Jaminan bisa berupa SBLC (Stand By Letter of Credit), Bank garansi, Bank Note, Bank Draft, atau lainnya. Bank-bank ternama pun di deretkan sebagai perlambang bahwa komunitas ini dianggap bonafide. Sepintas memang iya. Karena dalam tahap awalnya akan selalu meminta agar klien mereka menyediakan fasilitas kredit (credit line) yang ditandai dengan terbitnya Bank Confirmation Letter (BCL) bahwa memang credit line nya sudah disetujui oleh bank. Ada lagi yang menyediakan MT103 two way (dua arah) sebagai jaminan asalkan pihak bank befeficiary (penerima) dapat menyiapkan ICBPO (Irravocable Confirm Bank Payment Order) atau semacam jaminan dari bank penerima, begitu komunitas ini melakukan swift MT799 (pre advice) kepada bank penerima (beneficiary). Lalu ketika proses berjalan, klien diminta untuk menanggung biaya swift, notaris, dan sebagainya.

Komunitas Harta Amanah lainnya, adalah yang berbasis klenik, mistik, dan percaya pada permainan alam ghaib. Jenis komunitas Harta Amanah ini percaya bahwa Indonesia memiliki gudang emas dan gudang logam mulia mahal lainnya seperti platinum, batu permata, dan sebagainya yang tersebar di berbagai wilayah. Gudang-gudang tersebut dijaga oleh Eyang-eyang yang memang sudah teruji sakti mandraguna. Hebatnya keyakinan mereka atas kesaktian sang Eyang, sehingga satelit secanggih apapun milik manusia termasuk Amerika Serikat, tak akan mampu mendeteksinya. Bahkan mereka juga percaya bahwa harta-harta mahal dalam gudang bisa mereka pindah-pindahkan kemana saja dan kapan saja mereka mau. Untuk itu, komunitas jenis ini biasanya banyak melakukan upacara-upacara yang berhubungan dengan mistik dengan membakar menyan dan tabur serta mandi bunga. Komunitas Harta Amanah ini banyak hadir dengan menghadirkan contoh-contoh batangan emas, uang kertas dari berbagai negara, dan sebagainya. Hanya saja begitu diajak untuk bertransaksi mereka selalu minta uang untuk melakukan sesajen baik berupa sapi, kerbau, dan atau sesajen lainnya. Setelah itu, baru sang klien dapat melihat gudang emas seperti yang mereka janjikan.

Walaupun berbeda-beda karakter, komunitas Harta Amanah ini memiliki kesamaan dalam aspek komunikasi yang mereka bangun. Ciri khas mereka bersifat low contect. Mereka selalu mengatakan bahwa AS dan dunia memiliki utang sama Indonesia yang sudah jatuh tempo. Mereka selalu mengatakan bahwa merekalah penerus Harta Amanah yang diberikan mandat oleh Soekarno. Lalu ada juga yang mengatakan bahwa Harta Amanah sudah ada sejak sebelum Soekarno lahir. Jadi Harta Amanah tidak tergantung kepada Soekarno. Hal lain yang sering mereka sebut, bahwa pemimpin merekalah yang memiliki tanda-tanda khusus seperti yang tulis dalam artikel lain dalam website ini. Ciri-ciri khusus mereka garis bawahi dan mereka tonjolkan. Tetapi hanya mereka yang paham apa tanda-tanda khusus yang mereka maksudkan. Soal tanda khusus ini, yang paling ditonjolkan sebagai penegasan lambang dan penguatan sang tokoh pemimpin komunitas.

Kehebatan komunikasi komunitas Harta Amanah, hampir sama dengan ombrolan di warung kopi yang biasa nongrong di berbagai daerah. Dimana obrolan mereka berbicara soal bisnis yang menurut mereka adalah logis. Mereka bicara dan menjual percakapan apa saja yang mereka mau. Kalau perlu emas di puncak Tugu Monas pun mereka sertifikatkan sebagai bisnis yang mereka bicarakan. Semuanya menjadi terang benderang dalam obrolan warung kopi yang kemudian diterjemahkan dan membuat doktrinasi dengan berbagai dasar dan argumentasi. Masyarakat Indonesia yang masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan, menjadi sasaran empuk jenis komunitas begini. Impian menjadikan negara Insonesia kaya raya dan menjadi negara super power dengan kekayaan melimpah terekam dengan baik dan tajam dalam memori mereka, sehingga mendukung semangat militansi anggota.

Komunikasi intent dengan argumentasi yang logis serta bumbu magis yang mereka miliki, komunitas Harta Amanah umumnya berhasil meyakinkan para birokrat. Banyak diantaranya yang sudah menandatangani perjanjian kerjasama dengan lembaga dan institusi pemerintahan dengan dalil untuk kemakmuran rakyat. Sebab komunitas Harta Amanah tidak akan pernah mengatakan bahwa upaya mereka untuk kepentingan dirinya dan kelompoknya. Mereka selalu mengatakan untuk kepentingan kemakmuran rakyat dan bangsa Indonesia.

Jika gagal dalam transaksi? Ada argumentasi yang tidak bisa dibantah oleh klien yang berhubungan dengan Harta Amanah ketika gagal. Selama ini alasan yang diberikan selalu dengan alasan; maaf tidak bisa cair karena ada diantara tim kerja yang tidak jujur atau berkhianat atau berhati busuk. Sebab syarat cairnya Harta Amanah adalah hati bersih, jujur, amanah, dan siap mati untuk membela kebenaran. Sebuah sikap dan prinsip yang sudah langka sekarang ini. Malah ada diantaranya komunitas mengatakan bahwa Harta Amanah hanya bisa cair apabila para pemimpinnya tidak ada lagi yang bermental korupsi. Mulai dari Presiden sampai ke Lurah, harus bersih dan jujur, dan hidupnya hanya untuk rakyat. Nah posisi itulah Harta Amanah bisa cair. Apa iya semuanya bisa jujur dan bersih? Sebuah pekerjaan besar dan penantian yang sabar. Tetapi soal Harta Amanah ada atau tidak, sudah dibahas dalam artikel terdahulu. Argumentasinya cukup kuat untuk mengatakan itu, memang ada. Salam perjuangan (safari_ans@yahoo.com).

W

6 pemikiran pada “MARAKNYA KOMUNITAS HARTA AMANAH SESUAI KARAKTER PEMIMPINNYA

  1. Rangkuman yg sangat baik pak. Mudah2an bisa jadi acuan bagi masyarakat awam dlm mempertimbangkan dukungan sponsor secara sangat hati2.

    Sudah banyak sekali yg jadi korban karena komunitas2 spt pak Safari sebut diatas. Termasuk saya dan tim. Kebetulan sdh hampir 3M dihabiskan tim kami utk menjawab rasa penasaran saja. Heheheee lumayan buat cerita ke cucu2 kalau kakeknya pernah berburu harta karun

    Suka

    • Setuju pak Robby! Saya juga dibohongi macam2 eyang, pemegang amanah, garantor, dll. Sampai ada yang sempat kasih uang gudang yang ternyata uang palsu.

      Pengikutnya para eyang maupun pemegang amanah itu rata2 pengangguran. Ada juga yang sarjana namun kesemuanya pemimpi yang saya perhatikan malas kerja biasa dan berharap dapat uang cepat saja. Sangat menyedihkan nasib mereka.

      Yang paling kasihan melihat keluarga dekat mereka ya istri ataupun anak2nya. Sengsara.

      Memang kemalasan yg mengatasnamakan agama maupun nasionalisme di kalangan komunitas dana amanah ini HARUS dihentikan. Virus impian dan harapan palsu yg membuat terlena dan lupa pada intisari perjuangan kemerdekaan yang sesungguhnya.

      Suka

  2. bisakah penulis membuat daftar komunitas-komunitas itu beserta nama pemimpinnya (dan atau semua informasi yg dibutuhkan)? hal ini saya ajukan sebagai permohonan akan informasi yang benar dalam konteks ini. Informasi akan hal itu adalah sebuah langkah awal untuk mengikis informasi yang “selegence” (membingungkan) sehingga orang awam tidak tertipu oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi dan informasi yang beredar saat ini. contoh pemanfaatan situasi dan informasi untuk menipu: seseorang mengaku dari komunitas A dan mengatakan bahwa komunitas A mengadakan suatu acara demi pencairan harta amanah padahal komunitas A tidak mengadakan acara sama sekali.

    Suka

  3. Setuju dgn bang enul…krna selain tdk beserta saksi yg mendukung maka akan lebih mengarah ke fitnah.apalagi dana yg sdh ada di dalam 1 no rek.pengalaman yg saya jalani bersama. Pt.Kas lebih tragis.di mana uang yg sdh beralih tdk di bayar adm.jdi di blok oleh bank.

    Suka

    • Pak er phe, apakah dana yg sudah dalam rek x. Karena tdk mampu bayar adm diblok, sudah dibuka bloknya? Jika belum, mungkin bisa berkolaborasi dg saya utk kita urus pembukaan blocknya.

      Suka

  4. Semakin anda terpancing mengurus harta amanah, semakin habis anda di buatnya. Mengapa????? Karna urisan tersebut sdh di kendalikan lgsung oleh bung karno. Walupun anda tdk berjuang dlm sebuah komunitas, harta amanah tetap akan cair pada waktunya. Semua yg kita saksikan saat ini(komunitas amanah) adalah palsu belaka(bayangan), semakin banyak semakin bagus, agar dajjal bingun mencari pemegang amanah yg aslinya. Coba anda bayangkan jika sang bandar di kenali langsung oleh dajjal lantas di bawa paksa keluar negeri dg dalih pelanggaran ham,teroris,atau apalah, yg rugikan bangsa kita sendiri.komunitas yg ada skarang hanyalah skenario sang penguasa utk mengelabuhi dajjal yg berniat jahat terhadap ibu pertiwi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s