Krisis Papua, Hanya Gunung Es


Kekecewaan sebagian besar rakyat tidak hanya terjadi di Papua, tetapi hampir menyeluruh semua wilayah Indonesia. Mereka tidak semata kekecewaan terhadap Presiden, tetapi kecewa pada hampir semua kinerja lembaga negara, instansi pemerintahan pusat dan daerah. Bagi sebagian besar beranggapan, lembaga atau instansi tersebut hanya jadi beban belanja APBN dan APBD.
Kinerja mereka merupakan kinerja terburuk dalam sejarah peradaban Indonesia merdeka jika kepedulian terhadap rakyat menjadi acuannya.
Kita hampir-hampir tak bernegara ketika negara tidak mampu memberikan pelayanan dan peran terbaiknya pada rakyat ditengah takyat tak paham secara persis apa hak dan kewajiban negara terhadapnya. Dan situasi itu pula yang ada dalam benak sebagian besar masyarakat Papua saat ini. Bahkan ada garis yang amat jelas, bahwa sesungguhnya gerakan OPM dan sempelan lainnya didanai oleh fasilitas korupsi para pejabat daerah di Papua. Ini ada hubungan indikasi antara seorang tokoh di Papua di adili dalam soal dugaan korupsi, maka akan ada kenaikan intensitas ganguan kantibmas secara sporadis di tanah Papua.
Artinya, tingginya anggaran pembangunan di Papua tetapi tidak dibarengi dengan pengawasan tingkat tinggi, maka akan berujung bahaya laten bagi pergerakan sparatis di bumi Papua.
Apalagi kesejahteraan militer dan petugas keamanan yang ditempatkan disana tidak diberangi dengan tingkat kesejahtetaan, sulit untuk tidak mengatakan bahwa mereka juga mencari peluang hidup yang lebih baik.
Kondisi Papua tidak sendiri. Daerah lainnya juga mengalami nasib sama. Bedanya daerah lain tidak mengarah ke sparatis. Tetapi lebih kepada amuk massa, kriminalitas dan perbuatan anarkis lainnya walau kadarnya kecil. Tapi percayalah, situasi Papua hanyalah gunung es, sebuah persoalan bangsa yang amat besar yang harus kita selesaikan dalam waktu dekat. (safari ans).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s