Teks Deklarasi Revolusi Ekonomi Rakyat


DEKLARASI
REVOLUSI EKONOMI RAKYAT
Dengan Rahmat Tuhan Yang Esa
Dengan ini dideklrasikan Revolusi Ekonomi Rakyat sebagai upaya mengembalikan hak-hak ekonomi rakyat Indonesia.
MENIMBANG
1. Bahwasanya sistem dan situasi ekonomi dunia semakin tidak menentu sebagai akibat terjadinya pemusatan kekuatan modal pada kelompok tertentu pada sebuah negara, sehingga kebijakan ekonomi suatu negara telah dikendalikan oleh para pemilik modal baik secara langsung maupun tidak langsung dan kondisi ini sangat membayakan eksistensi dan kekuatan ekonomi bagi kemakmuran rakyat, khususnya rakyat Indonesia apalagi setelah berlakunya pasar bebas ASEAN, APEC, dan WTO dalam tempo yang tidak terlalu lama.
2. Bahwasanya setelah bangsa Indonesia 63 tahun merdeka hanya mampu mengembalikan martabat bangsa dari kaum tertindas menjadi kaum merdeka dan setelah 10 tahun lebih melalui gerakan reformasi hanya mampu mengembalikan hak-hak politik rakyat sehingga dapat memlilih sendiri pemimpin secara langsung tanpa paksaan dari siapapun, tetapi belum terjadi pemulihan hak ekonomi rakyat.
3. Bahwasanya dalam pelaksanaan dan kenyataan kebijakan yang telah dibuat di Indonesia semakin tidak jelas sistem ekonomi yang dianut serta tidak adanya jaminan rakyat Indonesia akan dapat menikmati dan memiliki aset-aset ekonomi serta kekayaan alam yang telah dianugrahkan oleh Tuhan Yang Kuasa.
4. Bahwasanya telah terjadi penguasaan aset-aset ekonomi dan kekayaan alam Indonesia oleh pihak asing secara sistematis, sehingga secara de facto dan de jure, Indonesia telah kehilangan kendali atas kekayaan alam dan atas ekonominya sehingga akan berdampak buruk bagi seluruh kehidupan rakyat Indonesia.
5. Bahwasanya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang ada selama ini hanya mampu berperan sebagai biaya sistem bernegara, sehingga tidak memberikan kemakmuran secara siginifikan kepada seluruh rakyat Indonesia.

MEMUTUSKAN
Perlu dilaksanakan suatu program pembangunan ekonomi secara cepat yang berbasis kepada kekuatan ekonomi kerakyatan melalui suatu gerakan REVOLUSI EKONOMI RAKYAT.

TUJUAN
Mengembalikan hak-hak ekonomi rakyat atas kepemilikan aset-aset ekonomi dan kekayaan alam bangsa kepada rakyat secara langsung sehingga tidak ada lagi kemiskinan.

HUKUM REVOLUSI EKONOMI RAKYAT
Pasal 1
Kekayaan alam yang terkandung di bumi, air dan udara Indonesia merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa yang diberikanNya kepada masyarakat yang mendiaminya untuk kemakmuran.
Pasal 2
Rakyat pemegang kendali ekonomi bangsa melalui Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR). BUMR adalah perusahaan raksasa bangsa yang saham-sahamnya dimiliki sepenuhnya oleh rakyat Indonesia.
Pasal 3
Rakyat pada tingkat kabupaten dan kota harus berhimpun dalam suatu perusahaan raksasa bangsa bernama BUMR yang nama badan usahanya disamakan dengan nama kabupaten atau kota.
Pasal 4
Masing-masing BUMR membentuk perusahaan induk di tingkat provinsi yang namanya disesuaikan dengan nama provinsi.
Pasal 5
Pada tingkat pusat, perusahaan induk ditangani oleh seorang menteri yang disebut Menteri BUMR.
Pasal 6
Setiap usaha yang mengeksploitasi kekayaan alam suatu daerah, maka kegiatan tersebut harus menyertakan saham abadi BUMR daerah setempat minimal 25% (dua puluh lima persen).
Pasal 7
BUMN atau BUMD yang beroperasi pada suatu daerah harus menyertakan saham abadi BUMR daerah setempat minimal 25% (dua puluh lima persen).
Pasal 8
Pemerintah dan DPR RI harus membuat Undang-Undang tentang BUMR sesuai dengan Hukum Revolusi Ekonomi Rakyat ini dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Pasal 9
Sebagai akibat dari penerapan Hukum Revolusi Ekonomi Rakyat ini harus terjadi perubahan mendasar terhadap Sistem Kependudukan, Undang-undang di bidang agraria, Undang-undang di bidang keuangan perbankkan dan Undang-undang lainnya di Indonesia untuk mendukung terealisasinya pasal-pasal tersebut di atas.

Jakarta, 28 Desember 2008,-
Saya Rakyat Indonesia,
Penggagas dan Pencetus Revolusi Ekonomi Rakyat,

Ttd.

SAFARI ANS

Safari ANS ketika diwawancarai wartawan setelah Deklarasi Revolusi Ekonomi Rakyat

Safari ANS ketika diwawancarai wartawan setelah Deklarasi Revolusi Ekonomi Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s